Skip to main content

Why ITL Trisakti a.k.a STMT Trisakti?

Hello Guys
This is my first time to write some blog after Graduated. So please, enjoy my first creation. 

Setelah lulus SMA, sama sekali gapunya niatan buat ngelanjutin kuliah di STMT Trisakti, atau sekarang yang lebih dikenal dengan ITL Trisakti. Dulu gue kepengen banget buat ngelanjutin kuliah di UNS Solo jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas FISIP. Cuman ya rejekinya ga disana. Btw, sebelum jadi mahasiswa STMT,  gue sempet kuliah di UPI YAI jurusan Manajemen Bisnis selama 1 semester, tapi karena satu dan lain hal gue gabisa nyelesein pendidikan disana. Akhirnya gue keluar disemester genap dan ada gep kurang lebih 6 bulan. Akhirnya temen SMP ngenalin gue sama kampusnya, pas waktu itu namanya masih STMT Trisakti, sebelumnya gue udah tau soal kampus itu dari beberapa sepupu gue yang alumni situ dan tementemen SMA gue yang kuliah disitu juga, 

Agak kaget pas ngeliat jurusan bidang studi di STMT. Jurusannya emang agak anti mainstream dari kampus lain. Waktu itu (2015) jurusannya masih 4 buat program Sarjana dan 3 jurusan buat Vokasi, untuk pascasarjananya sendiri juga ada.  
mostly jurusan disana itu 
1. Manajemen Transportasi Udara
2. Manajemen Transportasi Laut
3. Manajemen Transportasi Darat
4. Transportasi Logistik.



Waktu jaman gue Vokasi, S1 sama S2nya satu gedung di daerah Kebon Nanas Cipinang sekarang gedung S2nya ada di daerah Rawasari satu wilayah sama beberapa yayasan Trisakti lainnya.
Mulai tahunajaran 2018 setau gue kampus ganti nama yang tadinya Sekolah Tinggi  berubah jadi Institut dan mulai tahun itu banyak jurusan baru dikampus gue salahsatunya ada Teknik Kedirgantaraan dan Manajemen Perkeretaapi-an (kalo gasalah inget hehe)

Masuk STMT ada 2 jalur. Jalur Test Reguler sama Jalur Beasiswa.
Kalo Test Reguler ya lo test soalsoal pengetahuan umum dan test wawancara, walau keliatannya kayak cuman formalitas tapi ada juga yang gak lulus. Jadi ya jangan anggap remeh kampus swasta walau test masuknya ga seketat univ negri wkwk. Jaman gue biaya daftarnya Rp250.000,00.
Kalo yang Jalur Beasiswa  pas tahap wawancaranya nanti bakal di test Bahasa Inggris dan di Wawancara langsung sama dewan yayasan Trisakti atau rekotor kampus (katanya), and using english ya guys wkwk.
Banyak tementemen gue yang gagal di test beasiswa full ini karena tahapannya agak banyak tapi kalian yang gagal juga berkesempatan buat dapet Beasiswa Uang Pokok (kalo gasalah). 
Buat Mahasiswa Reguler atau non beasiswa juga bisa kok dapet Beasiswa, asal IPK kalian tertinggi dijurusan kalian InshaAllah kalian bakal dapet cashback dari bayaran SKS Semester saat itu. Banyak banget beasiswa yang bisa kalian cari di STMT Trisakti. (sumpah bukan endorse :( ini apa yang aku tau aja wkwk )


Gue milih jurusan Manajemen Transportasi Udara dengan harapan didunia kerja gue bisa cinlok sama pilot. HAHAHA
Cuman mau ngasih tau, jurusan Manajemen Transportasi Udara bukan berarti kalian di didik buat jadi Pilot atau Pramugari, itu salah besar. Pilot sama Pramugari punya sekolahnya sendiri. Jurusan ini kita diajarin soal basic tentang dunia transportasi udara. Karena Transportasi Udara itu luas. kita diajarin tentang Basic Cargo, Strategi buat buka rute airlines, sama favorite gue itu matakuliah  Flight Operation, kenapa FLOPS jadi matkul favorit??? Soalnya dosennya kalo kasih tugas gakirakira cuy, tugasnya bisa bikin kelas makin akrab dan solid deh wkwkw. Dari nama matkulnya aja bikin penasaran bangetkan?? 

STMT Trisakti emang beda dari kampus biasanya, disini kita diituntut buat pake seragam dari hari senin sampe jumat. Kita bisa free seragam di hari rabu sama sabtu, sisanya ya ikutin ketentuan kampus. Angkatan dibawah gue seragamnya udah makin beragam dari kemeja batik, sampe kaos polo. Kalo jaman gue sih ya seragamnya warna putih navy persis anak SMP wkwkw

ini foto pas hari pertama kuliah bersama temen sepergibahan selama 3tahun wkwk
ini foto pertama kali kita ikutin peraturan baru buat pake batik. Kalo angkatan dibawah kita seragam batiknya udah diatur sama kampus.
(maaf banget fotonya ga dikampus nih, gapernah punya momen yang bagus buat foto sambil pake seragam dikampus. Ini foto bareng ajudanajudan aku wkwk)



Yakirakira seragamnya kayak diatas. Jangan sedih, bukan cuman pakaian yang diatur kampus tapi sepatu kita juga harus ikutin aturan yaitu pantofel hitam. tapi kalo udah tau "medannya" ya lo mau pake flatshoes, kets item atau converse juga oke kok (asal item ya biar ga mencolok). Dan kita dilarang keras buat pake sendal dan sepatu sendal. bisabisa ya disuruh pulang sama satpam hehe. Yang penting kita harus rapi full atribute dasi dan syal pas lagi UTS sama UAS deh. 

Masuk kampus gue juga agak ribet setiap mahasiswa dikasih idcard yang gunanya sama kayak kartu mahasiswa, fungsi utamanya juga buat akses kita masuk kampus. jadi kita harus ngetap kartu tersebut di pos satpam, kalo gabawa itu ya kita harus nukerin KTP atau SIM sekaligus dapet ceramah dari satpam wkwk. Gunanaya Idcard itu juga buat meminimalisir kehilangan kendaran yang dibawa oleh mahasiswa, jadi gabisa tuh lo keluar pake motor temen lo tapi pas ngetap pake Idcard lo. gabakal kebuka plangnya.  

Kalo mau ngomongin fasilitas kampus emang gaada abisnya. apalagi sama perkembangan sekarang. Rasanya ya bangga bgt bisa lulus dari kampua ini.


Next gue mau cerita soal Kedekatan gue sama tementemen kelas gue yang udah kayak keluarga, dan gimana caranya kita bahumembahu biar bisa sukses bareng hehe

see you in my next blog :)

Comments

  1. Assalamualaikum kak, mau tanya kalo ngambil beasiswa tapi bhs inggris ku minim gimana?

    ReplyDelete

Post a Comment